Powered By Blogger

Minggu, 21 April 2013

PASAR OLIGOPOLI 1




Pasar oligopoli dari segi bahasa berasal dari kata olio yang berarti beberapa dan poli yang artinya penjual adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Pasar oligopoli yaitu pasar yang terdiri dari hanya produsen saja. Adakalanya pasar oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja dan pasar seperti itu dinamakan duopoli .
Dalam bab ini hanya akan menerangkan pasar oligopoli dimana perusahaan tidak melakukan persepakatan .
Pasar oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil perusahaan . biasanya struktur  dari industri dalam pasar oligopoli adalah : terdapat beberapa perusahaan raksasa menguasai sebagian besar pasar oligopoli –katakanlah 70 sampai 80 persen dari seluruh produksi atau nilai penjualan , dan di samping itu terdapat pula beberapa perusahaan kecil . perusahaan golongan yang pertama (yang meguasai pasar ) sangat saling mempengaruhi satu sama lain . Sifat saling mempengaruhi (mutual interdependence) ini merupakan sifat yang khusus dari perusahaan dalam pasar oligopoli , yang tidak terdapati dalam bentuk pasar lainnya. Di samping sifat penting yang baru diterangkan ini ,pasar oligopoli mempunyai beberapa cirri khas lain
Ciri –ciri tersebut diterangkan dalam uraian berikut . 
1.      Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
2.      Kekuasaan menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh
3.      Pada umumnya perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan

Di dalam melihat pemaksimuman keuntungan dalam suatu perusahaan oligopoli ,akan diperhatikan bagaimana tujuan itu akan dicapai apabila perusahaan –perusahaan tidak membuat persepakatan . maksudnya , setiap tindakan yang dilakukan suatu perusahaan akan menimbulkan implikasi yang nyata kepada perusahaan –perusahaan lainnya , maka mereka akan melakukan tindakan balasan .

Sebagai akibat dari perkaitan dan hubungan saling mempengaruhi yang sangat erat tersebut, perusahaan oligopoli harus membuat perhitungan yang cermat mengenai reaksi dari perusahaan lain apabila ia menurunkan atau menaikkan harga barangnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar