Faktor – faktor penting yang menyebabkan kesukaran memasuki pasar oligopoly adalah :
· a. Skala ekonomi
· b. Pebedaan biaya produksi
· c. Sifat – sifat produksi yang mempunyai keistimewaan yang sukar diimbangi oleh perusahaan baru
Di dalam menilai kebaikan pasar oligopoli tiga aspek dari kegiatan perusahaan – perusahaan dalam pasar oligopoli akan diperhatikan yaitu :
· a. Efisiensinya dalam menggunakan sumber – sumber daya
· b. Kegiatan mereka dalam mengembangkan tekhnologi dan inovasi
· c. Tingkat keuntungan yang mereka peroleh
Saling bergantung : hubungan di antara perusahaan yang saling bergantung satu sama lain di pasar sehingga kebijakan harga yang dibuat perlu selalu mempertimbangkan reaksi perusahaan lain terhadap tindakannya tersebut
Kurva permintaan pepatah : kurva permintaan yang dihadapi setiap perusahaan oligopoli , yang berbentuk bengkok . keadaan yang bengkok tersebut bermula dari tingkat harga yang berlaku.
Product recognition : produksi yang bermerek yang menyebabkan setiap pembeli dapat mengetahui perusahaan yang menghasilkan suatu barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar