Powered By Blogger

Senin, 30 September 2013

Opini Mengenai Korupsi di Indonesia




Mungkin korupsi sudah tak asing lagi bagi bangsa kita yaitu Indonesia, Indonesia menjadi salah satu negara yang tingkat korupsinya termasuk tinggi. Dari pejabat tinggi negara sampai bawahanya pun banyak yang telah menjadi pelaku korupsi atau koruptor. Bukan hanya orang dewasa, bahkan istilah korupsi sudah mulai terdengar dikalangan anak Sekolah Dasar.

 Menurut saya seharusnya aktor korupsi harus diproses sesuai hukum yang berlaku. Dalam hal ini menurut saya ada beberapa hal yang harus dicermati khususnya oleh penegak hukum yaitu jenis korupsinya apakah perorangan atau berjamaah. Untuk yang perorangan mungkin mudah dalam hal penanganannya, namun untuk korupsi yang berjamaah dalam suatu sistem tentunya tidak mudah, dan dalam hal ini tentunya tidak adil apabila hanya pada lini atas saja yang dipangkas. Saya melihat bahwa ternyata banyak kasus korupsi yang terjadi adalah suatu bentuk korupsi yang tersistem dan sangat tidak sesuai apabila yang dihukum hanya lini top manajemen, karena hal itu tidak akan mematikan korupsi yang ada.Menurut saya ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya dapat meminimalisasi terjadinya kasus korupsi, yaitu :

1.     bentuk sistem dengan blue print tugas pokok, fungsi dan aturan yang jelas

2.     bentuk suatu badan yang memiliki legalitas untuk melakukan audit

3.     berikan reward dan punishment yang jelas mulai dari bawah sampai lini atas.

4.     perhatikan tingkat kesejahteraan pegawai sesuai dengan besar tanggungjawab yang diembannya, tanpa adanya kesejahteraan yang memadai kemungkinan terjadinya korupsi sangat besar.

Pemerintah telah berusaha keras untuk memberantas korupsi di Indonesia dengan membangun berbagai lembaga untuk memberantas koruptor. Dengan harapan  Indonesia terbebas dari namanya koruptor.  Namun penanganan terhadap kasus korupsi seharusnya adalah koruptor mengembalikan semua uang yang telah diambilnya dan proses hukum harus tetap berlanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar